Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Wide

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

[Boxedwidth][caption2]

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Powered by Blogger.

MY OTHER BLOG

With Love,

Custom Post  Signature

Bengkulu, Indonesia

Ibu Rumah Tangga | Blogger | Buzzer | Influencer | Freelance Blog Design

PENGIKLANAN, SPONSORSHIP, GUEST POST and PRODUK REVIEW

Silahkan Email Ke :

momsodells@gmail.com

   
IBX59812FB8EAF3A

PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN KECELAKAAN


Sesuai judul besarnya kali ini saya cuma mau share sedikit gimana langkah-langkahnya membantu korban kecelakaan lalulintas baik itu tabrakan ataupun kecelakaan tunggal.

Sebenarnya kejadian lakalantas ini bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja, jadi sebagai bagian dari masyarakat ada baiknya kita memahami sedikit banyaknya cara-cara untuk membantu korban lakalantas setidaknya untuk memberikan pertolongan pertama sembari menunggu bantuan medis datang.

Kematian pada korban kecelakaan juga banyak terjadi karena telatnya korban mendapatkan pertolongan pertama. Dengan adanya pertolongan pertama, minimal dapat membantu korban untuk mendapatkan bantuan hidup dasar.

Nahhhh setidaknya ada beberapa langkah yang saya rangkum dari beberapa sumber tentang pertolongan pertama pada korban lakalantas.

Jangan Panik
Jangan panik ketika bertemu korban lakalantas, Hal ini merupakan yang terpenting ketika kita bertemu dengan korban. bersikaplah setenangan mungkin agar dapat membantu korban secara maksimal.

Cek Kesadaran
Cek Kesadaran Korban apakah korban masih dalam keadaan sadar atau tidak, dengan cara menepuk pundak korban, ataupun dengan memanggil korban. segera bantu korban untuk memindahkan ke area yang aman dari kecelakaan lain dan bantu korban untuk menemukan posisi nyaman apabila korban menunjukkan respon. Namun apabila korban tidak sadar maka segeralah lanjut ke langkah berikutnya.

Cek Pernapasan
Apabila korban tidak sadarkan diri segera cek pernapasan korban, dengan cara meletakan telunjuk tangan kita ke bagian lubang hidung sambil memperhatikan gerakan dada, apabila tidak ada segera buka jalan nafas korban dengan cara :
  • Letakan telapak tangan anda di dahi korban dan letakan jari-jari tangan anda yang lain di bawah dagu korban.
  • Lalu tekan dahi ke bawah sambil angkat dagu keatas sehingga kepala korban mendongak keatas dan mulut korban terbuka. Hal ini dilakukan untuk membebaskan jalan nafas korban yang tersumbat oleh lidah.
Kompresi dada
Letakkan tumit salah satu tangan di tengah dada, letakkan tumit tangan lainnya di atas dengan jari-jari saling mengunci. Tekan dada dengan kedalaman empat hingga lima cm.

Napas bantuan
Jepit hidung korban dan mulailah Anda mengambil napas dengan normal. Bibir Anda mengatup seluruhnya di bagian mulut korban. Hembuskan udara hingga dada korban terlihat naik kurang lebih satu detik. Beri waktu sampai dinding dada turun kembali. Ulangi

Perhatikan apakah ada cedera atau trauma
Jika ada perdarahan, maka ambil kasa dan tekan untuk menghentikan perdarahan. Saat ada kotoran pada luka, cukup bersihkan dengan diusap dan jangan dicuci. Jika korban mengalami atah tulang terbuka, ambil kasa setebal kain lalu tekan untuk menghentikan perdarahan. Jika ada tulang yang terlepas keluar jangan dimasukkan karena bagian itu sudah terkena kotoran, jika dimasukkan bisa menyebabkan infeksi. Sebisa mungkin kirim korban ke RS dalam waktu kurang dari 12 jam.

Tindakan penolong selama melakukan pertolongan pertama, harus di perhatikan pula:

Hindari memindahkan korban
Memindahkan korban adalah hal yang sangat berbahaya jika tidak menguasai dengan baik teknik cara memindahkan korban. Hal in dapat menebabkan hal yang serius bahkan menambah buruk kondisi korban, terutama pada kasus cidera tulang belakang.

Jangan Pernah Ragu
Lakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan penuh keyakinan dan tiada ragu secara cepat dan tepat, karena keraguan dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan adalah mati.

Hubungi Petugas Yang Berwenang
Menghubungi orang atau petugas yang menguasai dengan baik teknik pertolongan pertama sebaiknya dilakukan sebaik mungkin.

Semoga dapat menambah sedikit wawasan anda ya :)




~ty~

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Ria Kurniasih] [img=https://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/c_scale,w_100/v1521106056/Momsodell.jpg] [description=Saya adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang memiliki dua orang putri, Blog ini merupakan blog pribadi yang saya kelola sendiri. Info lebih Lanjut Silahkan Email Ke : momsodells@gmail.com atau Whatsapp : 0857-8901-2460] (facebook=https://www.facebook.com/momsodell) (twitter=https://www.facebook.com/delvionnas) (instagram=https://www.facebook.com/delvionna)

Follow @Spotbengs