Keindahan Wisata Pulau Rote, Pesona Tersembunyi di Timur Indonesia

0 Viewers
Apa yang pertama kali terbayang ketika mendengar nama Pulau Rote? Pasti langsung teringat dengan Sasando, alat musik khas Rote dan adat serta budayanya yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Namun Pulau Rote tidak hanya punya adat dan budaya yang memikat. Alam di pulau ini pun amat memesona, sebuah surga tersembunyi di ujung Timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Tidak hanya ada satu, Pulau Rote memiliki beberapa destinasi wisata yang harus kamu datangi. Dengan banyak tiket pesawat promo di menuju ke sana, urusan budget liburan ke Pulau Rote bukan hal yang bikin pusing lagi.

Masih belum punya bayangan bakal ke mana? Coba intip beberapa rekomendasi berikut ini.

Menaklukkan Ombak di Pantai Nembarala

Bukan hanya Bali dan Nias yang punya pantai cantik buat surfing alias berselancar. Pulau Rote juga punya spot surfing yang cantik, tepatnya di Pantai Nembarala. Ombak di pantai ini berskala internasional, kerap jadi tujuan para peselancar profesional dari berbagai Negara.


Kalau kamu nggak bisa berselancar, duduk santai di tepi pantai dengan pasir putih bersih pun bisa jadi aktivitas yang menyenangkan di Nembarala. Kamu juga bisa bercengkerama dengan penduduk sekitar dan mempelajari adat dan budaya Rote yang indah.

Eksotisnya Batu Termanu Yang Jadi Ikon Pulau Rote

Menurut legenda, batu Termanu yang terdiri dari dua buah batu ini berasal dari Maluku. Dengan kekuatannya, batu Termanu bisa berpindah-pindah, namun kemudian menetap di Pulau Rote dan menjadi ikon di pulau ini. 


Lokasinya cukup dekat dari Kota Ba’a, hanya sekitar 6 kilometer saja dan bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor.

Selain memiliki dua buah batu yang bentuknya eksotis karena efek abrasi dari laut, Pantai Batu Termanu juga dikenal dengan terumbu karangnya yang indah. Snorkeling atau diving di pulau Rote, pantai ini adalah lokasi terbaiknya.

Jelajah Bebatuan Cadas di Pantai Oeseli

Pengen santai berenang di laut yang ombaknya tenang namun pemandangan alamnya indah, Pantai Oeseli adalah jawabannya. Pantai ini juga dijuluki sebagai gerbang batu, karena di sekitarnya terdapat bebatuan cadas yang seolah membentuk gerbang raksasa menuju Pulau Rote.


Selain bisa berenang di lautan yang tenang, di Pantai Oeseli kamu juga bakal menemukan matahari terbenam yang berwarna emas sempurna. Pemandangan seru lainnya adalah perkampungan petani rumput laut yang menjadi pencaharian utama penduduk di Pantai Oeseli.

Seru berenang di Danau Laut Mati

Namanya laut tapi kok ada danaunya? Tempat ini sesungguhnya adalah sebuah teluk yang menjadi perbatasan antara air laut dengan air tawar. Hal itu membuat air di Danau Laut Mati terasa payau, dengan kadar garam yang tak terlalu tinggi.


Dengan kawasan berupa teluk tersembunyi di antara bebatuan karang besar, ombak di Danau Laut Mati pun tak seberapa tinggi. Kamu bisa berenang di lautnya dengan tenang, di atas pasir putih yang landai dan membuat air lautnya nampak kehijauan.

Masih ada banyak lagi tempat wisata yang menarik di Rote. Khususnya buat kamu yang suka memancing, Pulau Rote adalah surganya ikan kerapu dan tengiri yang terkenal amat lezat dan mahal jika dibeli di Pulau Jawa.


Dengan banyak tiket pesawat promo menuju Rote, liburan ke pulau paling selatan di Indonesia ini sekarang menjadi hal yang mudah. Rajin-rajinlah cek tiket pesawat promo menuju ke Rote di Traveloka. Dan siaplah melihat keindahan surga tersembunyi di Rote yang belum banyak terjamah wisatawan.

21 comments

  1. Wah ini pulau Rote bersih banget ya,awannya putih dan biru sekali lauutnya,

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke sini Ya Allah..pengeen ih menyambangi pulau rote..semoga kesampaian

    ReplyDelete
  3. Ahh,,kereen ini, harus mampir suatu saat nanti, insyaallah..

    ReplyDelete
  4. Udah lama nggak traveling... salah satu tempat impian untuk di kunjungi adalah pulau ini :)

    Bagus sekali masih natural ya

    ReplyDelete
  5. Bismillah, jadi wishlist untuk mengunjungi Pulau Rote :)

    ReplyDelete
  6. Keren. Airnya biru. Disini pantai airnya coklat semua. Semoga suatu saat ada rejeki kesini

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke pulau rote
    Semoga suatu saat ada kesempatan ke sana

    ReplyDelete
  8. Mantap bisa liburan ke sini ya, makin mupeng traveling nih

    ReplyDelete
  9. Nabung ahh..nyiapin budget buat ke Rote

    ReplyDelete
  10. Indonesia timur memang sangat memukau ya

    ReplyDelete
  11. Cantikkkk! Duh harus berjuang keras agar bisa keliling Indonesia dan sampai di Indonesia bagian timur. Mupeng aku.

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah indah banget pulau Rote. Kebetulan ada anak kenalan yang bekerja di sana. Katanya di sana lumayan sdang giat2nya membangun destinasi wisata ya.

    ReplyDelete
  13. Tau nama pulau Rote dari postingan Andien. Dan ternyata cakep banget MashaaAllah pemandangannya. Semoga sy bs menginjakkan kaki kesana. Amin

    ReplyDelete
  14. Cantik banget pulaunya yaa .. Kapan bisa main ke sini ..

    ReplyDelete
  15. Belum pernah kesini mbak. Duh, pantainya nyenengin banget warnanya. Boleh dibungkus nggak nih?

    ReplyDelete
  16. Bagian timur Indonesia memang cakep banget ya, tambah pengen deh kesana

    ReplyDelete
  17. Huaaa pingin banget bisa ke pulau Rotee

    ReplyDelete
  18. Aku belum kepikiran eksplor ke selatan Indonesia. Bagus juga ya alamnya. Tapi terpikir susahnya transportasi di sana.

    ReplyDelete
  19. Pulau rote keren ih. Duh menggoda banget utk ke sini (trs pusing liat isi dompet) :D

    ReplyDelete