PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN KECELAKAAN

0 Viewers
Sesuai judul besarnya kali ini saya cuma mau share sedikit gimana langkah-langkahnya membantu korban kecelakaan lalulintas baik itu tabrakan ataupun kecelakaan tunggal.

Sebenarnya kejadian lakalantas ini bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja, jadi sebagai bagian dari masyarakat ada baiknya kita memahami sedikit banyaknya cara-cara untuk membantu korban lakalantas setidaknya untuk memberikan pertolongan pertama sembari menunggu bantuan medis datang.

Kematian pada korban kecelakaan juga banyak terjadi karena telatnya korban mendapatkan pertolongan pertama. Dengan adanya pertolongan pertama, minimal dapat membantu korban untuk mendapatkan bantuan hidup dasar.

Nahhhh setidaknya ada beberapa langkah yang saya rangkum dari beberapa sumber tentang pertolongan pertama pada korban lakalantas.

Jangan Panik
Jangan panik ketika bertemu korban lakalantas, Hal ini merupakan yang terpenting ketika kita bertemu dengan korban. bersikaplah setenangan mungkin agar dapat membantu korban secara maksimal.

Cek Kesadaran
Cek Kesadaran Korban apakah korban masih dalam keadaan sadar atau tidak, dengan cara menepuk pundak korban, ataupun dengan memanggil korban. segera bantu korban untuk memindahkan ke area yang aman dari kecelakaan lain dan bantu korban untuk menemukan posisi nyaman apabila korban menunjukkan respon. Namun apabila korban tidak sadar maka segeralah lanjut ke langkah berikutnya.

Cek Pernapasan
Apabila korban tidak sadarkan diri segera cek pernapasan korban, dengan cara meletakan telunjuk tangan kita ke bagian lubang hidung sambil memperhatikan gerakan dada, apabila tidak ada segera buka jalan nafas korban dengan cara :
  • Letakan telapak tangan anda di dahi korban dan letakan jari-jari tangan anda yang lain di bawah dagu korban.
  • Lalu tekan dahi ke bawah sambil angkat dagu keatas sehingga kepala korban mendongak keatas dan mulut korban terbuka. Hal ini dilakukan untuk membebaskan jalan nafas korban yang tersumbat oleh lidah.
Kompresi dada
Letakkan tumit salah satu tangan di tengah dada, letakkan tumit tangan lainnya di atas dengan jari-jari saling mengunci. Tekan dada dengan kedalaman empat hingga lima cm.

Napas bantuan
Jepit hidung korban dan mulailah Anda mengambil napas dengan normal. Bibir Anda mengatup seluruhnya di bagian mulut korban. Hembuskan udara hingga dada korban terlihat naik kurang lebih satu detik. Beri waktu sampai dinding dada turun kembali. Ulangi

Perhatikan apakah ada cedera atau trauma
Jika ada perdarahan, maka ambil kasa dan tekan untuk menghentikan perdarahan. Saat ada kotoran pada luka, cukup bersihkan dengan diusap dan jangan dicuci. Jika korban mengalami atah tulang terbuka, ambil kasa setebal kain lalu tekan untuk menghentikan perdarahan. Jika ada tulang yang terlepas keluar jangan dimasukkan karena bagian itu sudah terkena kotoran, jika dimasukkan bisa menyebabkan infeksi. Sebisa mungkin kirim korban ke RS dalam waktu kurang dari 12 jam.

Tindakan penolong selama melakukan pertolongan pertama, harus di perhatikan pula:

Hindari memindahkan korban
Memindahkan korban adalah hal yang sangat berbahaya jika tidak menguasai dengan baik teknik cara memindahkan korban. Hal in dapat menebabkan hal yang serius bahkan menambah buruk kondisi korban, terutama pada kasus cidera tulang belakang.

Jangan Pernah Ragu
Lakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan penuh keyakinan dan tiada ragu secara cepat dan tepat, karena keraguan dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan adalah mati.

Hubungi Petugas Yang Berwenang
Menghubungi orang atau petugas yang menguasai dengan baik teknik pertolongan pertama sebaiknya dilakukan sebaik mungkin.

Semoga dapat menambah sedikit wawasan anda ya :)




~ty~

26 comments

  1. wahh mantap mbak bermanfaat banget nih infonya
    semoga kita dan keluarga bisa mempraktekkannya jika ada yang kecelakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba, seneng kalo bisa bermanfaat

      Delete
  2. Mantap soul nih infonya Mba Giaaa. :D aku share yaaa. Btw aku pernah baca emang ga boleh mindahin korban karena alih-alih menolong, kita malah bisa banget memperparah kondisi korban. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , soalnya ketika memindahkan korban kecelakaaan yang tidak sadarkan diri dengan cara yang salah malah akan memperburuk keadaannya

      Delete
  3. Lengkap banget mba infonya semoga bisa terbantu bagi orang yang telah mengalami kecelakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba Azizah semoga bermanfaat ya

      Delete
  4. Biasanya kalo ada yang pingsan di sekolah di baringkan lalu di kasih frescare aja udah sehat kecuali ada yg punya penyakit serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalo pingsan yang penting bebasin jalan nafasnya dulu

      Delete
  5. Pertolongan pertama pada lakalantas ini berguna banget mbak, terutama buat masyarakat awam. Memang banyak ditemukan korban lakalantas tidak tertolong karena terlambat memberikan pertolongan pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mba anin, terima kasih ya sudah berkunjung

      Delete
  6. Nah.. yang terpenting jangan panik kak. Ini tips2 sederhana namun sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama -sama mba terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  7. napas bantuan ya eheheee
    kok aku jadi ingat film-film hehehee
    *korban film

    banyak orang yang tidak tahu cara memebrikan pertolongan pertama kepada korban lakalantas, kebanyakan panik dan teriak minta tolong mbak. aku dulu pernah kecelakaan bareng teman, untung banyak yang bantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang malah karena ga tau ngeliat korban ga sadar langsung diangkat, padahal kita ga tau kondisinya.

      Delete
  8. Artikelnya bermanfaat sekali. Meski di beberapa kasus, sebaiknya menunggu petugas medis dulu karena khawatir malah bisa bertambah parah cideranya.

    ReplyDelete
  9. Aku bru tau lo mbk klo melakukan pertolongN terhadap korban itu jangan langsung di pindahkan.

    Nice info mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. selagi pasiennya sadar bisa kita bantu, kalo pasiennya ga sadar yang ga boleh asal mindahinnya mba

      Delete
  10. Itu, iya mindahin gk boleh sembarang tel, bisa gawat efeknya

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat banget ini untuk bukan yang nonmedis

    ReplyDelete
  12. Heuheu.. aku mah mending panggil tenaga medis aja. Serem liat yang berdarah-darah. Tapi ini tipsnya kece banget

    ReplyDelete
  13. Wah makasih informasi dan sharingnya mbak.hAku dulu kecelakaan cma dilihatin dan dikrubungin gak ada yang berani nolong. Takut katanya. Padahal aku sudah jerit2 minta tolong (sedih ingat kejadian itu 😢😢)

    ReplyDelete
  14. Nah ini penting banget buat kita ketahui karena yg namanya musibah datang kapan saja

    ReplyDelete
  15. Nice info, tpi aku sering panik duluan mbak klo ada yg kecelakaan. Duh harus berubah nih haha

    ReplyDelete
  16. kok serem ya,, ragu-ragu bisa membahayakan korban. Berarti harus sigap dan tepat ya mbk..

    ReplyDelete
  17. Ada satu lagi yang paling penting mbak, tanamkan niat untuk menolong, Insyaallah rasa takut, panik dan ragu-ragu akan hilang.

    ReplyDelete